INOVASI TEHNOLOGI BELAJAR
MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN
DENGAN METODE SAS

Mengapa memilih metode SAS?
Metode SAS merupakan metode yang bertehnologi, bersistem, ilmiah dan terprogram. Anak dapat belajar secara manual dan dapat belajar menggunakan komputer.
Bagaimana cara mengajar yang benar apabila menggunakan metode SAS?
Pertemuan pertama:
Guru memperkenalkan beberapa anak agar maju ke depan kelas, ditanya satu persatu. Kamu namanya? Suatu misal ada:
abi, ruli, zia, budi, wati, rolan, dan ahmad.

 ini abi              sambil menunjuk anak yang bernama abi dst

 ini meja , ini dasi , ini kursi
sambil menunjuk masing-masing bendanya
Guru memperkenalkan nama-nama benda sekitar dan nama-nama hewan:
Untuk benda: meja, kursi, sepeda, rumah, sekolah, sepatu, dasi, dll
Untuk hewan: sapi, kuda, ayam, buaya,dll

Pertemuan ke dua:
Masing-masing anak membawa foto 3R dan nama dada (tanda pengenal)
Foto dilekatkan pada buku siswa masing-masing. Bawah foto ditulisi nama anak. Lihat contoh foto abi dibuku siswa.

Kotak Program dan Petunjuk Penggunaan
Contoh kotak program metode SAS:

                         ini    bola abi
 
                          ini  ..........................................    abi

Petunjuk Penggunaan/ langkah SAS:
1.      Kotak program STRUKTUR:  anak menggunting kata bola dari modul kartu, diletakkan pada kotak program 1
2.      Kotak program ANALISA: kata bola dianalisa menjadi 2 suku kata bo dan la
(kartu suku kata diletakkan pada program 2)
3.      Kotak program ANALISA SUKU KATA: bo dan la menjadi 4 huruf: b, o, l dan a.
(kartu huruf diletakkan pada program 3)
4.      Kotak program SINTESA 4 huruf: b, o, l dan a menjadi 2 suku kata bo dan la
(kartu huruf b, o, l, dan a diletakkan pada program 4 menjadi dua suku kata bo dan la)
5.      Kotak program SINTESA suku kata bo dan la menjadi kata bola kembali menjadi struktur kata.


Contoh tulisan:
ini   bola       abi
      bola
      bo   la
      b o  l  a
      bo   la
      bola
ini   bola       abi

Jadi, KOTAK-KOTAK PROGRAM inilah yang dikehendaki oleh metode SAS. Yang abstrak menjadi riil, nyata, jelas dan pasti. Anak tidak mengalami kesulitan khusus untuk kotak program 4 SINTESA, anak mengeja huruf b dan o = bol dan a = la, diharapkan anak melafalkan huruf secara benar dan jelas (sesuai bunyi huruf alphabet).
Contoh: b … o = bo (dibaca: bế … o = bo)
  l  … a = la  (dibaca: ềl … a = la)

Catatan:
-          Kotak program metode SAS jangan diisi tulisan
-          Sebagai petunjuk/titian untuk memotong kartu huruf
-          Setiap langkah pemindahan dari kotak program 1 sampai dengan 5 selalu diikuti membaca dan menulis. Diharapkan setelah selesai anak memiliki tulisan di buku tulis seperti contoh disamping.



Buatlah 10 seperti contoh, carilah / pilihlah kata – kata lain yang kamu suka, tulis di buku tulis!

Contoh
Ini bola abi
Ini bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo
Ini la    la    la    la    la    la    la    la    la
Ini b     b     b     b     b     b     b     b     b     b     b     b
Ini a     a     a     a     a     a     a     a     a     a     a     a
Ini b ….. o = bo              b ….. o = bo              b ….. o = bo
Ini l ….. a = la         l ….. a = la         l ….. a = la
Ini bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo   bo
Ini la    la    la    la    la    la    la    la    la
Ini bola      bola             bola             bola             bola             bola







Tugas

Buatlah kotak program
metode SAS secara sederhana
kalau tidak bisa, minta tolong
kepada mama, papa, temanmu
atau bapak, ibu guru

Nama hewan berkaki empat
          yang memiliki 2 suku kata
Nama ikan laut yang memiliki
          2 suku kata atau 4 suku kata
Nama buah – buahan yang memiliki
          3 suku kata atau 2 suku kata

Setelah jadi tulislah dan dibaca sesuai
          langkah program SAS
Main Bola
Abi main bola
kesebelasan : Abi, Riza, Zia, Toni, Roni, Widi, Sadi, Pawi, Bobi, Robi dan Dodi – warna kaos merah
melawan kesebelasan : Ribut, Widi, Bagus, Agum, Wawan, Iwan, Diki, Joni, Irsat, Rido dan Komo – warna kaos kuning
kesebelasan Abi bermain umpan – umpan pendek tapi cepat bagai kilat
berbeda kesebelasan Ribut bermain tendangan bola jauh
dan bermain sangat keras sehingga terkena 4 kartu kuning
dan 1 kartu merah untuk Agam
kesebelasan Abi menang tipis 3 – 2
meskipun kalah kesebelasan Ribut menerima dengan bangga
kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda

Jawablah pertanyaan bacaan di bawah ini
1.            Sebutkan nama – nama kesebelasan Abi dan Ribut!
2.            Siapa yang mendapat kartu merah?
3.            Apa yang dimaksud umpan – umpan pendek?
Lain hari tirukan permainan umpan pendek
4.            Tendangan Abi masuk persis di sudut bibir gawang, apa maksudnya?
5.            Apa yang dimaksud tendangan gol yang cantik?
6.            Apa warna kaos kesebelasan Abi dan Ribut?
7.            Apakah kamu punya kaos tim nas favoritmu?
Kaos siapa dan apa warnanya?
8.            Apakah papamu senang bola?
Siapa pemain favorit tim nas dan siapa untuk pemain dunia?
Apakah papamu juga punya kaosnya dan apa warnanya?
9.            Peragakan cara menendang bola umpan pendek, umpan lambung jauh, menggiring bola yang seolah – olah ada lawan main!
10.       Kamu penjaga gawang, bagaimana cara menangkap bola yang benar?
Praktekkan di lapangan!
11.       Mengapa kesebelasan Ribut menerima kekalahan?
12.       Kesebelasan Abi menang tapi merupakan tantangan, mengapa?
13.       Main bola harus sportif, apa maksudnya?
14.       Mengapa sporter tidak boleh mengganggu pemain?
15.       Sebutkan ciri – ciri sporter yang baik!

Baca :
1.     Dongeng si kancil
2.     Dongeng terjadinya telaga ngebel
3.     Dongeng malin kundang
Nb: Untuk Preview buku Metode SAS dapat dlihat disini

19 komentar:

  1. dengan ditampilkannya kotak-kotak pragaram metode SAS
    mudah-mudahan adik-adik yang akan belajar membaca dengan
    menggunakan metode SAS tidak mengalami kesulitan
    kalau akan belajar tentang kata b o l a guntinglah
    kata b o l a pada modul kartu kata mulailah membaca dan menulis sesuai langkah kotak program

    BalasHapus
  2. pada kotak program 4 mensintesa cara bacanya mengeja

    b......0 =bo (b -----dibaca =be contoh becak

    BalasHapus
  3. karena sudah ada kotak program metode SAS DAN MODUL
    KARTU KATA , anak tinggal menggunting kata yang diinginkan ,sesuai kebutuhan , dan andaikan belum ada
    disediakan kotak yang kosong .

    (anak tidak disibukan mencari kartu kata yang tersimpan
    dalam satu kerdus besar,hanya untuk mencari kata b o l a)

    BalasHapus
  4. kapan anak mulai diperkenalkan belajar mambaca dan menulis permulaan ?
    apakah harus menunggu klas 1 sd ?.......tolong kementar anda .

    BalasHapus
  5. ada yang mengatakan anak diperkenalkan membaca , setelah anak dapat membedakan nama -nama benda, menyebut nama dirinya sendiri dan nama-nama orang sekelilingnya,papanya ,mamanya ,adiknya,kakaknya ..........dsb,bagaimana menurut anda ???........

    BalasHapus
  6. akses di blog ini: http://metodesas.blogspot.com
    -contoh kotak program metode sas dan
    modul kartu kata
    -kesebelasan abi menang tipis
    -belajar membaca dan menulis menggunakan
    metode sas sangatlah mudah

    BalasHapus
  7. dengan ditemukannya kotak program metode sas dan modul kartu kata , maka teka-teki metode sas sudah terjawab,sehingga mudah dilaksanakan,tidak butuh biaya yang besar,tidak perlu baanyak pikiran ,apa yang harus dilaksanakan , dan ,,,,,,,,,,,,,,,karena dengan metode sas
    merupakan multi metode , ada global,ada kata lembaga, ada eja , ada cbsa , dengan kotak program, anak selesai belajar baca dan tulis ,tanpa guru memberi contoh anak sudah mempunyai tulisan sesuai langkah-langkah kotak program .

    BalasHapus
  8. sebetulnya aku ingin Timpenyusun Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Indonesia SD,yang terdiri :prof.DR.A.S.Broto( ketua ) ,Ny.S>A>Ackbar,Prof>Dr.I.P.Simanjuntak,MA,Dr,anwar Jasin,M>ED,Drs.M.ToyibUsman,Drs.E.Karwapi,Drs.S Efendi,Dr>Harimurti Kridalaksana,Ny.Dra.S.Ccamdiah,Ny.Murniati Basuki,B>A,S.Ramdona ,B.A, Drs.Achmad Nuryani .mengakses blog ini,aku ingin minta tanggapan beliau-beliau itu ,paling tidak salah satu dari mereka ,bagaimana kalau buku : bahasa indonesia 1a be4lajar membaca danmenulis ,penerbit balai pustaka ,cetakan ke 16th:1991 , ini ibu budi
    halaman 7 tidak seperti itu tapi seperi contoh kotak program metode sas , dan kartu kata tidak dimasukan dalam satu kerdus besar ,tapi kartu kata cukup satu/dua lembar modul kartu kata ,karena aku masih berharap metode sas tetap dijadikan sebagai metode untuk belajar membaca dan menulis ( tolong siapapun yang kenal beliau TIM penyusun metode sas , untuk diberi tahu, gimana kalau seperti itu

    BalasHapus
  9. udah coba simulasi pake metode SAS beberapa hari yg lalu...
    tapi masih bingung kalau penerapannya dalam sastra (puisi) di kelas 1 gimana?
    terus cara bacanya juga masih bingung...
    misal: b o l a
    dibacanya : bo^ll^aaa bukan b o l a (haduh")
    nah kalau baca bunga ?? bu^ng^aaaaaa ?! (nyambung panjang gt)
    :D

    BalasHapus
  10. masih bingung dengan metode SAS...
    ketika sudah per huruf.. lalu dibacanya seprti apa?
    misal : b o l a
    dibaca : bo^ll^aaaa...
    (nyambung dan panjang gitu?!)
    :D

    BalasHapus
  11. untuk memberi komentar,saran,pertanyaan bisa hubungi
    o82141300336 ,

    BalasHapus
  12. sdr ririn ,dendi apa ada kesulitan, ???

    BalasHapus
  13. untuk :Miss forg potter
    kotak program ini hanya untuk sebagai titian
    membaca /langkah-langkah metode sas
    contoh :kotak program bola , ini bisa digunakan
    untuk kata -kata yang lain ,yang memiliki suku kata yang sama : budi, wati,rudi,kuda.rusa,jago
    buku,unta, sapi,batu dsb.
    untuk belajar kata-kata sederhana, satu kotak program untuk berbagai kata yang memiliki jumlah
    suku kata dan jumlah huruf yang sama , tolong baca ssekali pedoman penggunaan .(hub.aku 082141300336 )trim komen anda.

    BalasHapus
  14. buku .......bu - ku
    bu .......b - u
    huruf b dilavalkan secara
    benar be ..seperti
    baca becak
    huruf u dilavalkan u seperti
    baca ungu

    BalasHapus
  15. Bagus gan tingkatkan terus Thank kemaren dah mengungjungi www.kroyolor.blogspot.com salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya salam kenal kembali , trim atas kunjungannya

      Hapus
  16. Mohon bantuannya,..
    Ada tidak buku yang membahas tentang struktural analitik sintetik(SAS),..?

    BalasHapus
  17. Dik Aprian : ada teses yang membahas ttng Metode SAS dan buku belajar membaca dengan Metode SAS( buku sudah di cetak )
    ooooooooo iya : ada alat peraga belajar membaca dengan Metode SAS.
    Bisa untuk buka les belajar membaca , sehingga anda akan dapat uang tambahan tuk beli pulsa , Anda pasti bisa jadi guru les membaca

    BalasHapus