Sabtu, 25 Februari 2012


          Metode SAS Dalam Pembelajaran Bahasa indonesia , Dalam belajar membaca dan menulis permulaan ,klas 1 sekolah dasar
,guru dapat memilih berbagai macam metode, diantaranya adalah Metode SAS,banyak yang mengataaakan metode sas sulit di laksanakan , metode sas adalah abstrak , SAS adaalah Stuktur Analitik Sintetik , dalam bahasa Indonesia Struktur adaalah kalimat ,sedang dalam kalimat ada beberaapa kata dan dalam kata ada beberapa hurf, taapi perlu di ingat pada hakekatnya manusia membaca tidak membaca kalimat secara keseluruhan tapi membaaca kata perkata , jadi anak harus di beri pelaajaran membaca mengenal kata :dengan menggunakan Metode SAS, tadi dikatakan metode SAS adalah abstrak, agar metode SAS menjadi riil , nyata daaaan mudah dipahami oleh anak daan oleh siapa saja , maka dalam buku tek ,harus dilengkaapi :KOTAK PROGRAM METODE SAS DAN MODUL KARTU KATA , dan contoh sudah ada di blok terdahulu , contoh anak belajar membaca mengenal kata :anak belajar kata sepeda ,ssetelah belaajar dengan menggunakan Kotak Program Metode SAS , :sepeda, se-pe-da ....s - e - p - e - d - a di sintesa se-pe-da dan suku kata di sintesa laaagi menjadi sepeda , kalau udah laancar dan mengenal kata sepeda , di otak anak tersebut sudah terekam meskipun : speeda ...seepda ...spdeea ..spda ... speda , anak tetap akan membaca sepeda dengan demikian anak akan lebih cepat untuk belaajar membaca , perlu diingat dengan anak dapat membaca sedini mungkin ,maka anak tidak akan mengalami kesulitan -kesulitan terhadap bidang sstudi yang lain, membaca. bahasa adalah pintu gerbang ilmu pengetahuan , dengan membaca, dengan bahasa , manusia mampu membuka rahasia alam semesta ini Buku Belajar membaca dengan Metode SAS

Terima kasih telah membaca Artikel METODE SAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link METODE SAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA sebagai sumbernya.

14 komentar:

  1. dikatakan bahwa belajar mengenal kata ,karena dalam otak anak sudah merekam banyak kata , bahkan puluhan ,ratusan kata ,maka anak tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam bidang studi lain, dengan demikian prestasi belajar akan meningkat, taanapa di sadari pada saat ini apabila kita mendapat sms tidak pernah mendapatkan kata-kata yang utuh/lengkap, baahkan hanya secuil huruf contoh:beberapa ...bbrpa,aku....Q , diantara ....dntra.......
    jadi kalau dalam otak anak sudah mampu merekam
    kata maka anak tak akan mengalami kesulitaan
    dalam belaajar .

    BalasHapus
  2. Anda bisa mengakses Teses tentang Metode SAS ..... Ketik : buku belajar membaca teses

    BalasHapus
  3. YAA TRIM MAS SRI BUDI SUKIANTO....................
    Un tuk teman-teman yang lain yang ingin akses teses tentang Metode SAS
    Ketik : Teses Metode SAS

    BalasHapus
  4. izin sedot mas

    http://blog-rye.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ambil dan sedot sampai abisssssss!!!!

      Hapus
  5. buku sudah terbit, harga buku 1 ex hanya Rp 24.000,- + ongkos kirim
    beli untuk di jual lagi diskon 30 %

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buku tentang metode fonetik untuk membaca dan menulis permulaan apakah bapak punya referensi nya? Trmksh :)

      Hapus
  6. Maaf pak kalo metode fonetik apakah sama dengan SAS? lebih efektif mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut sy lebih mudah metode sas , asal buku tek memakai buku saya .
      karena anak tidak langsung diajak belajar membaca , apalagi pada anak usia dini, untuk apa harus belajar membaca.......... itulah anggapan beliau, tapi kialau anak di kasi gambar-gambar
      ditanya ini gambar apa ??? apa kamu dapat menirukan akting gambar ini dlll
      coba lavalkan nama gambar ini secara benar (machrot) kalau dalam huruf arab suatu misal gambar roti.....anak melavalkan huruf R... O....T...I secara benar.
      bisa sms nanti aku bantu :082141300336

      Hapus
    2. sy tak punya referensi metode fonetik, kalau tesis tentang metode sas ada !!

      Hapus
  7. saya lagi menjalani tesis pak, awalnya SAS tapi kata dosen terlalu banyak jadi beliau menyarankan metode FONETIK. Saya belum paham betul langkah - langkah bagaimana pembelajaran dengan metode tsb untuk saya aplikasikan di kelas saya yang kebetulan kelas 1 SD. Trmksh atas No. HP nya. Oya pak kalo ada referensi mengenai FONETIK bagaimana aplikasinya di kelas tolong kabari saya.

    BalasHapus
  8. saya lagi menjalani tesis pak, awalnya SAS tapi kata dosen terlalu banyak jadi beliau menyarankan metode FONETIK. Saya belum paham betul langkah - langkah bagaimana pembelajaran dengan metode tsb untuk saya aplikasikan di kelas saya yang kebetulan kelas 1 SD. Trmksh atas No. HP nya. Oya pak kalo ada referensi mengenai FONETIK bagaimana aplikasinya di kelas tolong kabari saya.

    BalasHapus
  9. tolong tulis judul tesis anda:........
    anda jurusan apa..... dan di universitas mana ???
    kalau mengajar klas 1 , lebih mudah meneliti klas anda , kalau memang anda mengambil jurusan
    bahasa asing :inggris, jerman , cina , memang sangat bagus anda meneliti metode fonetik.

    BalasHapus

Search

Memuat...

Sponsor

Tolong Bantuannya Sobat :).

Terima Kasih Atas Kunjungannya :) ×

Headlines

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Translete

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Total Tayangan