METODE SAS ~ Metode Sas

Lingkungan Rumah Tangga aaaaaaaaaapabila dikelola seacara profesional akan memdapatkan nilai tambah yang tak ternilai harganya, apalagi dilakukan secara berkesinambungan terus menerus.

Apalagi lingkungan RT yang masih ada tanah kosong,dimanfaatkan untuk ditanami :aneka macam sayuran,aneka macam tanaman apotik hidup, baik itu langsung ditanah atau dalam polibek, sebagai tanaman sela antara tanaman pokok dan sela pada tanaman hias ,
hal tsb tak mengurangi keindahan tanaman hias tsb, justru lebih menambah keindahan pada tanaman hias .

Tanaman yang mudah ditanam baik di tanah atau di polibek suatu misal cabe, kangkung darat, terong, tomat
atau tanaman yang dipilih lainnya,untuk tanaman yang keras yang memiliki nilai jual tinggi adalah ; blimbing uluh, dg jarak tanam 5-6 meter, tanaman salam, nilai jual daunnya juga sangat baik, bisa ditanam dengan jarak 1 meter seperti di bonsai pada sepanjang pagar, ( atau debagai pagar hidup )bisa tanaman lainnya, pepaya :buah dan daunnya laku juga,keta taun,ketela pohon(kaspe) ooo iya ubi jalar sangat mudah ditanam . mudah perawatan namum banyak manfaatnya, semua tanaman tsb dipupuk organik, kalau sudah memasyarakat tentang pupuk organik, nantinya akan mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi bila di banding dengan yang memakai pupuk kimia.

Apalagi Anggota kelompok tani mandiri telah menguasai dan dapat membuat pupuk organik, tak hanya itu : semua anggota kelompok sudah bisa membuat aktivator nya baik untuk aktivator pupuk organik atau aktivator pembuatan pakan ternak , untuk pakan kambing, kerbau/ sapi .
para anggota sudah terbiasa membuat pupuk organik sekala kecil,limbah dapur,kotoran ayam,sapi,kambing dan atau limbah pertanian

Apabila masing-masing rumah tangga menerapkan sistim tehnologi lingkungan, selain lebih sehat,karena tak gunakan pupuk kimia juga menghemat keuangan, selain itu masing anggota diharap memelihara ayam biasa , untuk memenuhi kebutuhan vitamin hewani, .
Alangkah baiknya gerakan tsb dijadikan sebagai model di seluruh rumah tangga di Indonesia , tinggal gimana pemerintah mempeloporinya , dibawah kendali dinas-dinas terkait,mudah kok masyarakat itu, apabila ada yang mempeloporinya .

PENGALAMAN awal th : 2011 yaa, bulan pebruari,maret harga cabe di Ponorogo tembus angka Rp 75.000,- betul-betul harga yang fantastis,agar tak terulang lagi kita beli cabe mahal ,mari kita selalu tanam cabe,baik di tanah langsung , atau di polibek, mudah kok ,ambil biji cabe yang tua, merah, keringkan ,dan tebarlah pada polibek yang sudah di sediakan, apalagi semua anggota sudah dapat membuat polibek yang benar.
Cabe baik ditempatkan pada tanaman sela pada tanaman hias tanpa mengurangi keindahan tanaman hias itu sendiri , justru tanaman hias menjadi lebih indah,sudah menjadi kebiasaan begitu ada tukang bakmi lewat, kita beli , cabe rame-rame petik dari tanaman sendiri . Enak kan....?????

Dibawah ini daftar harga komoditi yang terlewatkan :
- daunsalam satu ikat kecil Rp 500,-
- daun ketela tahun satu ikat sedang Rp 1500,-
- -,,- biasa -,,- Rp 1000,-
- kangkung satu ikat Rp 500,-
- bayam satu ikat Rp 500,-
- Daun pepaya satu ikat Rp 1000,-
- OOOOO iya apabila tanam pisang gepok biasa , satu tandang besar bisa laku Rp 45.000,- daun muda untuk bungkus lontong satu ujung bisa laku Rp 1000,- dan tak kalah menariknya debok (batang pisang ) yang sudah dikeringkan dipotong -potong ukuran 35 Cm , untuk tali tempe yang di bungkus . satu ikat sedang laku Rp 1500,-

Uraian tersebut diatas adalah himbauan pak achmad sebagai ketua kelompok tani Mandiri , Kauman Kota Ponorogo, jln Kyai Mojo :56 ,pada pertemuan rutin 1 bulan yang dilaksanakan setiap tgl:5

ponorogo 5 Juli 2011,di poskanoleh"
Sekretaris
ttd

Jaimun SB.

2 komentar:

  1. PERTEMUAN tgl:5 bulan berikutnya Juli 2011,
    pokok bahasan masalah wereng, apa itu wereng ? mengapa kita sampai kena serangan hama wereng, sebagai bahan introspeksi kedepan.

    BalasHapus
  2. sebagai tambahan di kel. kauman baik ditanami mangga, rambutan,klengkeng,jeruk purut, jeruk nipis,anggur,bahkan banyak yang menanam bunga melati, yang diambil bunganya untuk dijual sebagai pelengkap rias temanten dan campuran teh/obat-obatan. selain itu di sepanjang jalan sawah ditanami turi ,apabila dijual uangnya untuk dimasukan dalam kas kelompok tani .

    BalasHapus